Senin, 10 Januari 2011

Lagu Santai di Jepara

Kalau ada suatu tempat yang selalu ingin saya kunjungi ketika bepergian, tempat itu adalah Pelabuhan & Pantai. Saya suka dengan laut, bisa menghilangkan penat serta memberikan inspirasi yang tiada henti mengalir buat kita. Mungkin karena kampung halaman saya ada di daerah pegunungan sehingga saya begitu "merinding disco" kalau lihat pantai. Dan kesempatan untuk melihat pantai lagi tercapai ketika kemarin berkesempatan pergi ke Jepara. Daerah yang terkenal dengan cerita kepahlawanan Raden Ajeng Kartini juga dengan ukiran-nya. Ada 2 pantai yang di rekomendasikan ketika di Jepara, yakni Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. Sebelum berangkat, saya sudah menekan ekspetasi saya bahwa saya tidak boleh membayangkan pantai yang akan saya kunjungi ini, sebagus pantai-pantai di timur Sumatera yang indah itu. Ekspetasi saya batasi dengan membayangkan pantai ini lebih bagus sedikit di banding Pantai Maron di Semarang yang tidak seperti pantai tapi lebih mirip "empang" hehehe..

Siang yang terik itu sampailah saya di Pantai Kartini, secara sekilas pantai ini tertata dan bersih. Pantai ini sangat dekat dengan pusat kota, kira-kira sekitar 2 km. Di dekatnya ada bangunan besar menyerupai kura-kura raksasa. Begitu saya mendekat, ternyata di dalam bangunan itu sedang di bangun semacam "Oceanarium". Tetapi masih dalam pembangunan sehingga kita tidak dapat masuk ke dalamnya.

*replika kura-kura raksasa di Pantai Kartini

*papan petunjuk arah ke Pulau Panjang, ngiklan dikit :))

*penjual rujak di sekitar Pantai Kartini, 5 ribu per porsi :D

Sesaat di Pantai Kartini, kita akan di tawari para nelayan pemilik perahu untuk menyeberang ke Pulau Panjang, pulau kecil di seberang Pantai Kartini. Menggunakan kapal kira-kira membutuhkan waktu 20 menit. Penawaran yang menarik, karena kira juga penasaran ada apa di Pulau Panjang. Kita di janjikan akan dibawa ke pantai pasir putih, mercusuar, juga keliling mengitari pulau. Deal, setelah nego harga berangkatlah saya dan beberapa orang lain ke Pulau Panjang. Dengan membayar 10 ribu rupiah, pulang pergi, dan kita di beri waktu 1 jam untuk berkeliling pulau. Sempat was-was juga karena tidak adanya pelampung di kapal, tapi di paksakan ikut aja, nanggung karena kapal tinggal berangkat. Hehe..

*perahu nelayan di sekitaran Pulau Panjang

*Pulau Panjang dari kejauhan

*dermaga Pulau Panjang

*perahu nelayan yang sedang berlabuh di pinggir pantai

*pantai pasir putih ( panas di tengah hari )

*Pulau Panjang sisi selatan

*background Gunung Muria, nampak dikit :)

*banyak juga yang berenang, jam 12 siang!

*menara pemancar untuk komunikasi radio

*di tengah pulau ada makam Syeikh Abu Bakar

*bunga Raflesia Arnoldi ada juga di pulau ini!

Setelah menyeberang kira-kira 20 menit sampailah saya di Pulau Panjang, hmm tidak mengecewakan. Karena pulau ini ternyata masih bersih. Ada jalan setapak yang mengelilingi pulau, di sekelilingnya banyak tumbuhan yang sedikit mengurangi terik panas siang itu. Ada juga sekelompok remaja yang sedang menanam tanaman bakau di sekeliling pulau. Meski mungkin pulau ini terlalu dekat dengan kota jadi agak ramai. Bisa juga karena sebelum ke sana saya membayangkan "about a beach paradise on a secret island" seperti di Film The Beach yang di bintangi Leonardo DiCaprio.. Hahaha.. *Ngayaaal**

Pengen rasanya suatu waktu bisa camping bermalam di pulau ini. Setelah muter-muter di sepanjang jalan setapak yang sejajar dengan garis pantai pulau ini, saya kembali ke Pantai Kartini dengan menumpang kapal yang sama ketika berangkat.
                                *di atas kapal

*Pantai Kartini dari kejauhan

Sampai di Pantai Kartini kemudian saya menuju ke Pantai Bandengan, kira-kira 15 menit perjalanan. Pantai Bandengan lebih ramai di bandingkan dengan Pantai Kartini karena fasilitas yang lebih lengkap juga di Pantai Bandengan bisa berenang ke laut.

*Pantai Bandengan sisi barat, airnya bening :)

*sisi barat, cuma buat berendam, bukan berenang :)

*pasir putih di antara bebatuan

*kapal bersandar di sisi barat :)

*iklan di tepi pantai khusus 18 tahun ke atas :))

*menyandarkan harapan

*prewedding di sisi timur pantai

*ada banana boat juga lho di sini

*ubi bakar, pisang goreng, kacang rebus.. hmmm...

*demam Irfan Bachdim juga sampai disini :)

*no comment :))

Siang terik di Jepara...

Nyanyi lagu pantai
Nyanyi lagu santai yeah..