Rabu, 28 April 2010

Planning Keuangan


Setelah membaca tulisan di blog www.ilmapratidina.com yang berjudul Terima Kasih Agenda, saya terinspirasi juga untuk melakukan hal yang sama. Agenda yang membantu untuk berdisiplin, memotivasi untuk bergerak, membuat planning serta mengontrolnya. Awal bulan ini saya mencoba membuat agenda keuangan saya. Menurut saya ini hal yang paling urgent karena ketidakbecusan saya mengatur keuangan pribadi. Boros, kata tepatnya. Dengan membuat planning ini saya berharap lebih bisa mengendalikan keuangan saya dan tentunya cukup sampai detik-detik akhir anti kembang kempis lagi. :)

Awal bulan setelah gajian saya mencoba membuat rancangan keuangan untuk bulan ini. Saya bagi kebutuhan primer dan kebutuhan tambahan. Memang semuanya serba saya efisienkan seminimal mungkin, bukan bermaksud pelit, tapi lebih kepada planning. Toh, pelaksanaanya juga tak harus selalu baku dan kaku. Harus bisa goyang sana goyang sini biar semuanya cukup, karena keterbatasan pendapatan. Hehe.

Setelah saya mencoba memplaningkan semua dan mencoba untuk tetap berjalan dengan koridor yang sudah saya planingkan, alhamdulillah semua berjalan lancar. Akhir bulan yang sebelumnya menjadi momok alhamdulillah tidak lagi karena masih ada recehan di kantong berkat penghematan di awal bulan. Kebutuhan bulan ini yang banyak juga alhamdulillah tercukupi karena ada pemasukan tambahan yang lumayan. Alhamdulillah ya Allah.. Mudah-mudahan bulan depan tetap bisa memplaningkan dan apa yang menjadi kebutuhan bisa tercukupi.. Amin..

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Tidak ada komentar:

Lintang Damar Panuluh

Jakarta, 20 Agustus 2015 Di sudut Stasiun Gambir saya mendadak lemas. Tidak ada lagi tiket kereta tujuan ke Semarang untuk malam ini yang...