Jumat, 07 Maret 2008

Bengawan Solo on Chinese Film

tengah malam ini begadang nonton tv, karena besok hari libur. karena tak ada acara bagus di tv lokal, aku iseng2 buka channel tv china yang aku nggak tau nama stasiun tv-nya. soalnya nama channelnya pakai tulisan china. padahal kalau diganti tulisan jawapun aku nggak tau, karena aku nggak bisa baca tulisan jawa.

acara di channel itu sedang memutar sebuah film. yang kalau aku baca di guide-nya berjudul " The Moon Also Rises ". filmnya nampak biasa2 saja, terlebih mataku juga dah 5 watt buat baca text translatenya. walaupun aku suka dengan pengambilan2 gambarnya, yang anglenya sangat bagus.

namun yang membuat mataku terbelalak dan telingaku menganga adalah ketika adegan di sebuah kelas. menggambarkan kegiatan belajar mengajar di kelas sebuah sekolah di pedalaman cina. dengan latar belakang lagu bengawan solo!!! bengawan solo versi cina !!!

wah dahsyat banget nih lagu!!! aku malunya setengah mati,, sebagai orang jawa yang notabenenya versi asli lagu itu berbahasa jawa malah aku nggak apal lirik lagu itu sampai selesai. padahal lagu itu sampai didendangkan banyak orang dibelahan dunia yang jauh dari indonesia.
aku jadi luar biasa kagum sama itu lagu itu.

lagu fenomenal, sefenomenal penciptanya.
benar2 mengalir sampai jauh.

ups, andaikan anak2 indonesia bisa nguri2 budayanya..
pasti dahsyat!!! luar biasa!!!




the moon also rises

Tidak ada komentar:

Lintang Damar Panuluh

Jakarta, 20 Agustus 2015 Di sudut Stasiun Gambir saya mendadak lemas. Tidak ada lagi tiket kereta tujuan ke Semarang untuk malam ini yang...