Selasa, 06 September 2011

Busway

Busway

Di dalam busway aku menunduk. Laju busway serasa mengaduk. Goyang kanan, goyang kiri. Mengikuti gaya relativitas yang tak beraturan.

Seperti lonceng yang bertalu-talu. Kadang telinga perlu mengakrabi derit suara bus. Kadang pula harus terpaku pada suara hiruk pikuk di dalamnya. Namun sebenarnya kita bisa banyak juga belajar dari obrolan penumpangnya. Juga pembawaan mereka yang mengingatkan kita pada falsafah jawa "ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana".

Di depanku duduk seorang pemudi cantik. Dengan senyum menawan hati. Kadang kami saling mencuri pandangan. Ia duduk, nampak sibuk dengan BB di depannya. Ia begitu asik dengan dunianya. Senyum-senyum sendiri sambil terus menatap layar kecil di genggamannya itu. Mungkin ia tertawa karena sesuatu hal di dalam BB-nya. Dan aku juga tersenyum, bukan karena BB-nya. Tapi karena melihat tawanya.

Suasana semakin ramai. Laju busway semakin cepat. Gelantungan tangan yang tadinya masih kosong sekarang sudah penuh digenggam orang. Berpadu dengan peluh keringat orang-orang yang memegangnya untuk sekedar bertahan dari goncangan bus ini. Semakin sesak bus ini aku semakin sadar bahwa tak selamanya kita berharap pada sebuah ketenangan. Ada proses dimana hidup itu seperti sebuah pencarian. Dan sebelum kita menemukan hasil dari pencarian itu, kita akan bertemu dengan "ketenangan" atau "kesemrawutan".

Pemudi didepanku turun di halte yang sama denganku. Ia menunduk untuk kemudian melempar senyumnya dan pergi entah kemana. Rambutnya terurai mengikuti lajunya. Aku melayang, seperti terpental dari keramaian yang tercipta sebelumnya. Juga ketenangan yang kadang sulit kutemui di kota ini. Aku percaya ketenangan, keramaian dan kesemrawutan ini adalah bagian dari sebuah perjalanan.

-turun dari busway yang panas. pulang dari GBK untuk membeli tiket timnas. nanti malam aku akan teriak, INDONESIA!-
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Lintang Damar Panuluh

Jakarta, 20 Agustus 2015 Di sudut Stasiun Gambir saya mendadak lemas. Tidak ada lagi tiket kereta tujuan ke Semarang untuk malam ini yang...