Kamis, 14 Februari 2008

Perjalanan Menggoreskan Hati












Hari ini lumayan mengasikkan untukku. Aku berkesempatan main ke Kreung Raya di daerah Pelabuhan Malahayati, kurang lebih 30 km dari Banda Aceh. Di sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah karena jalannya ada di tepian pantai timur Aceh. Meskipun perjalanan terasa "menyesakkan" karena di sepanjang jalan kita melewati daerah-daerah yang terkena gelombang tsunami, dengan rumah-rumah penampungan yang menggores hati.

Sebelum sampai ditujuan kita mencoba masuk jalan ke hutan. Di daerah yang selama konflik Aceh mungkin orang akan berfikir 7 kali untuk melewatinya. Namun sayang, yang kita lihat hanya padang gersang. Hutan gundul yang sangat panas dan tandus. Kemudian kita lanjutkan perjalanan semula ke Pelabuhan Malahayati.

Sesampai disana, aku disuguhi pemandangan yang begitu indah, kita berada di atas bukit dengan pemandangan pelabuhan dan laut yang begitu indah di bawahnya. Seperti negeri diatas awan. Walaupun dengan pemandangan miris juga, melihat salah satu daerah yang terparah terkena gelombang tsunami. Yang kini penuh dengan rumah-rumah bantuan, dan masyarakat yang mencoba menata hidupnya kembali. Cukup lama aku di atas bukit ini, menikmati pemandangan yang mungkin tidak akan aku temui lagi setelah aku keluar dari Aceh.

Setelah itu kita memutuskan pulang, namun tidak lupa masuk ke Pelabuhan Malahayati sekedar untuk foto didepan kapal yang sedang berlabuh.

Sungguh perjalanan yang menggoreskan hati.

1 komentar:

Brit. (lille meg) mengatakan...

Hi! Nice pictures. but Iam sorry that I can't understand your language.
I like to visit other bloggers.
Have a nice day!

Lintang Damar Panuluh

Jakarta, 20 Agustus 2015 Di sudut Stasiun Gambir saya mendadak lemas. Tidak ada lagi tiket kereta tujuan ke Semarang untuk malam ini yang...